Pages

Blogroll

Labels

Jumat, 13 Maret 2015

Unik, Deretan Batuan Ini Mirip Tenda

Formasi batuan mirip tenda.
Kasha-Katuwe Tent Rocks adalah formasi batuan unik yang terletak di kaki bukit pegunungan Jemez, di New Mexico, Amerika Serikat, antara Albuquerque dan Santa Fe, sekitar 40 kilometer sebelah barat daya.

Daerah ini cukup luas, di mana batu berbentuk tenda seolah-olah memeluk tebing curam Peralta Canyon. Batuan ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik di pegunungan tersebut, yang terjadi sekitar 6-7 juta tahun yang lalu.

Batuan tersebut kebanyakan berupa batu apung, dan banyak lubang yang terlihat di formasi batuan tersebut. Dan untuk ketinggiannya sangat bervariasi, dari yang beberapa meter saja hingga yang mencapai tinggi 90 meter.


Bebatuan unik berbentuk kerucut.
Daerah Kasha-Katuwe sendiri telah dihuni oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun. Selama abad ke-15, nenek moyang masa kini, meninggalkan banyak petroglyphs dan reruntuhan untuk memberikan bukti bahwa mereka pernah diam di sini.

Kawasan itu sendiri ditetapkan sebagai Monumen Nasional pada tahun 2001. Dan kini banyak dikunjungi wisatawan, yang ingin melihat keunikan dari formasi bebatuan yang ada. (BoredPanda)

0 komentar:

Posting Komentar